Sabtu, 16 Oktober 2010

judul jurnal Ukm, koperasi simpan pinjam



Nama : apriyanto muchid
Kelas : 2 ea 16
Npm : 10209647
Tugas,,
Judul jurnal : Ukm
Nama koperasi : koperasi simpan pinjam
Mata kuliah : ekonomi koperasi #
Nama dosen : Lista kuspriatni



Rabu, 29 September 2010
Harkop Jasa Tembus Rp 380 M









Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman.

Fantastis, produk-produk Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) JASA nampaknya benar-benar mendapat tempat dihati anggota, calon anggota dan anggota koperasi lainnya. Terbukti, semua produk yang diluncurkan Kospin JASA mampu menjaring dana miliaran rupiah. Seperti Simpanan Hari Koperasi (Harkop) dengan jumlah simpanan sebesar Rp 380 miliar. Tentunya jumlah angka rupiah tersebut menakjubkan mengingat simpanan Harkop merupakan hanya salah satu produk tabungan. Maka tidaklah mengherankan bila Kospin Jasa terus menggapi sukses, karena masih banyak tabungan seperti Safari, Pundi Arta dan sebagainya yang konon juga mampu meraih jumlah tabungan luar biasa.

Untuk dapat mengikuti produk ini, anggota dan calon anggota serta anggota koperasi lainnya cukup menyimpan minimal Rp 25 ribu. Dengan nominal tersebut beserta kelipatannya akan mendapatkan nomor penyaringan hadiah. Misalnya, seseorang menyimpan Rp 1 juta, maka berhak mendapatkan 40 buah nomor penyaringan. Kian besar nominal yang disimpan tentunya kian besar kesempatan yang bakal diraihnya.
Adapun hadiah dalam Simpanan Harkop ini antara lain 1 (satu) hadiah berupa senilai BPIH untuk 2 orang, 1 (satu) hadiah senilai Umroh untuk 2 orang, 3 buah sepeda motor, 10 hadiah TV berwarna, 10 hadiah mesin cuci, 10 hadiah Kulkas, 10 hadiah Mini Compo.
“Simpanan Harkop dari tahun ketahun mengalami peningkatan, sekarang ini jumlah uang yang terkumpul dalam Harkop adalah Rp 380 miliar. Ini semua sebagai bukti bahwa kepercayaan terhadap Kospin Jasa terus meningkat,” ungkap Ketua Umum Kospin Jasa HA Zaky Arslan Djunaid saat menyampaikan pidato dalam pembukaan “Siapa Beruntung” Tabungan Harkop di gedung Serba Guna “Ahmad Djunaid” Kompleks Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran.
Adapun secara keseluruhan asset Kospin Jasa saat ini telah menembus angka Rp 1,7 triliun dari target Rp 1,75 triliun. Artinya dalam waktu dekat pihaknya bakal mampu meraih prestasi yang ditargetkan. “Kami juga inginkan koperasi ini terus meningkat dan pada tahun 2011 assetnya lebih dari Rp 2 triliun.”
Dijelaskan, kemajuan Kospin Jasa  karena kesetiaan anggota dan manajemen karyawan yang memiliki daya juang tinggi. Koperasi itu bahkan sempat mendapat ranking satu koperasi terbaik se-Indonesia dalam waktu dua tahun berturut-turut. Pada 2009 menduduki peringkat pertama dalam 10 besar koperasi terbesar dan terefisien se-Indonesia versi Majalah Pusat Informasi Perkoperasian.
Dijelaskan, Kospin Jasa mampu membangun gedung-gedung kantornya tanpa bantuan pemerintah atau kredit perbankan. "Keberhasilan ini karena kami menerapkan manajemen amanah," katanya. Menurut dia, sikap amanah merupakan syarat penting keberhasilan sebuah usaha bahkan jauh lebih penting dari pada sumber daya manusia.
Pihaknya rutin menganggarkan dana peningkatan SDM sebesar Rp1 miliar melalui pelatihan dan edukasi dengan mengundang para pakar yang ahli di bidangnya. Ia bertekad mampu menunjukkan usaha koperasi setara dengan usaha yang lain seperti perbankan dengan hak dan perlakuan yang setara dalam berusaha.
Sementara itu Wakil Walikota Pekalongan HA Alf Arslan Djunaid SE mengatakan pihaknya merasa bangga terhadap Kospin Jasa mengingat sebagai koperasi terbesar dan terbaik menjadikan nama kota Pekalongan ikut terangkat dalamkancah nasional. “Terus terang kami bangga terhadap Kospin Jasa karena ikut mengharumkan nama baik Kota Pekalongan


“ Terima Kasih “

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar