Selasa, 06 November 2012

Tulisan Enam belas, Agungkan Sunnah

Nama               : Apriyanto Muchid
Npm                : 10209647
Kls                    : 4 EA 16
Tulisan Enam belas, Agungkan Sunnah
Mata kuliah     : Etika Bisnis #
Dosen              : Sri Murtiasih


Sunnah, ditinjau dari segi bahasa bermakna Ath Thoriq (jalan) dan As Siroh (perjalanan hidup).

Menurut istilah syari’at sunnah adalah semua perkara yang bersumber dari Nabi Sholallohu ‘alaihi wassalam selain dari Al Qur’anul karim baik berupa ucapan, perbuatan, ataupun taqrir (pembenaran sikap beliau) dari hal- hal yang memiliki dalil secara syar’i.

Ini maksud sunnah dalam bahasan ini, bukan sunah dalam artian hukum fiqih, yaitu sesuatu yang jika dikerjakan akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan tidak apa-apa.

Segala sesuatu yang diperintahkan, diajarkan dan dicontohkan oleh Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wassalam dinamakan sunnah.

Dengan kata lain sunnah adalah ajaran nabi. Jika kita ditanya apa hukumya mengikuti ajaran nabi, niscaya semua kaum muslimin akan menjawab wajib. Dan sebaliknya, barangsiapa yang mengingkari ajaran Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wassalam maka dia kufur.

Firman Alloh Ta’ala :

... وَمَآ ءَاتَٮٰكُمُ ٱلرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَہَٮٰكُمۡ عَنۡهُ فَٱنتَهُواْ‌ۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ‌ۖ...

....Apa yang diberikan Rosul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah; dan bertakwalah kepada Alloh... (QS. al-Hasyr[59]: 7)

Dalam ayat ini Alloh Subhanahu wata’ala mewajibkan kepada manusia agar menthoati perintah Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wassalam dan menjauhi larangan- larangannya. Barangsiapa yang mentho'ati Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wassalam berarti dia menthoati perintah Alloh.

Barangsiapa yang tidak mentho'atinya berarti dia tidak menthoati perintah Alloh. Ini diterangkan dalam ayat:

مَّن يُطِعِ ٱلرَّسُولَ فَقَدۡ أَطَاعَ ٱللَّهَ‌ۖ وَمَن تَوَلَّىٰ فَمَآ أَرۡسَلۡنَـٰكَ عَلَيۡهِمۡ حَفِيظً۬ا (٨٠

Barangsiapa yang mentho’ati Rosul itu, sesungguhnya ia telah mentho’ati Alloh. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketho’atan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka. (QS. an-Nisa’[4]: 80)

Ayat-ayat yang menunjukkan wajibnya tho'at kepada Rosululloh Sholallohu ‘alaihi wassalam banyak sekali kita jumpai, diantaranya:

....يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَأَطِيعُواْ ٱلرَّسُولَ وَأُوْلِى ٱلۡأَمۡرِ مِنكُمۡ‌ۖ....

Hai orang-orang yang beriman, tho’atilah Alloh dan tho’atilah Rosul (Nya), dan ulil amri di antara kalian. (QS. an-Nisa’[4]: 59)

..... قُلۡ أَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَأَطِيعُواْ ٱلرَّسُولَ‌ۖ

Katakanlah: “Tho’atlah kepada Alloh dan tho’atlah kepada rosul… (QS. an-Nuur[24]: 54)

قُلۡ إِن كُنتُمۡ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحۡبِبۡكُمُ ٱللَّهُ وَيَغۡفِرۡ لَكُمۡ ذُنُوبَكُمۡ‌ۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ۬

رَّحِيمٌ۬ (٣١) قُلۡ أَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَٱلرَّسُولَ‌ۖ فَإِن تَوَلَّوۡاْ فَإِنَّ ٱللَّهَ لَا يُحِبُّ ٱلۡكَـٰفِرِينَ (٣٢

Katakanlah: "Jika kamu [benar-benar] mencintai Alloh, ikutilah aku, niscaya Alloh mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Katakanlah: "Tho’atilah Alloh dan Rosul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang kafir". (QS. Ali Imron[3]: 31-32)

يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَأَطِيعُواْ ٱلرَّسُولَ وَلَا تُبۡطِلُوٓاْ أَعۡمَـٰلَكُمۡ (٣٣

Hai orang-orang yang beriman, tho'atilah Alloh dan thoatilah Rosul dan janganlah kalian merusak (pahala) amal-amalmu. (QS. Muhammad[47]: 33)

Terus jaga hati dan niatnya karna Alloh, dan untuk dulur-dulur yang longgar mari barokahkan waktu 1/3 malam akhir yang mustajab ini dengan pol. Pada dulur-dulur yang sedang dicoba sakit, kesempitan, dan masalah semoga Alloh segera paring kesembuhan, sehat yang barokah, keluasan solusi, melimpahnya rizqi, dan dimudahkan dalam menyelesaikan semua masalah karna Alloh.... aamiin. Semangka.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar